SOSIALISASI PENERAPAN HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL PADA PRODUK INDUSTRI UPT. UMKM DINAS PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRIAN PROVINSI BALI

Rabu, 08 Agustus 2018

SOSIALISASI PENERAPAN HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL
PADA
PRODUK INDUSTRI
UPT. UMKM DINAS PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRIAN PROVINSI BALI


UPT UMKM Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Bali menyelenggarakan Sosialisasi Penerapan Hak Kekayaan Intelektual pada Produk Industri melalui Kegiatan Penerapan Hak Kekayaan Intelektual pada  Produk Industri tahun 2018 yang terbagi di dua kabupaten. Pertama di Kabupaten Buleleng tepatnya di Cozy Resto Jalan Pantai Penimbangan Singaraja pada tanggal 18 Mei 2018. Sosialisasi pertama diikuti oleh 20 orang peserta dari berbagai bidang industri yang berasal dari seputaran Kabupaten Buleleng. Kegiatan sosialisasi ini menyasar pada pelaku industri yang belum mendaftarkan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) terutama pada mereknya.


Sedangkan kegiatan sosialisasi kedua, dilaksanakan di Kabupaten Badung tepatnya di Hotel Made Bali Jalan Raya Sempidi Badung tanggal 22 Juni 2018. Sosialisasi kedua ini diikuti pula oleh 20 orang peserta dari Kabupaten Badung, Tabanan, Gianyar dan Kota Denpasar.

Kepala UPT. UMKM mewakili Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Bali didampingi Kasubag Tata Usaha dan Pejabat Fungsional Penyuluh Perindag memberikan sambutan mengenai pentingnya perlindungan Hak Kekayaan Intelektual bagi pelaku industri terutama pada merek. Merek yang merupakan tanda yang ditampilkan secara grafis untuk membedakan barang dan/ atau jasa yang diproduksi orang atau badan hukum harus dilindungi agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Selain HKI, sosialisasi ini juga memberikan materi mengenai kemasan yang baik sehingga merek yang terdaftar nantinya dapat dicantumkan pada kemasan produk. Dalam sosialisasi ini juga disampaikan fasilitasi pendaftaran HKI oleh UPT UMKM melalui Ditjen IKM Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Diharapkan peserta sosialisasi dapat menyerap informasi sebanyak banyaknya mengenai HKI dan segera mendaftarkan HKInya memanfaatkan fasilitasi UPT. UMKM Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Bali.

Materi yang disajikan oleh narasumber atau instruktur selama kegiatan sosialisasi Penerapan Hak Kekayaan Intelektual pada Produk Industri ini yaitu materi Pengenalan Hak Kekayaan Intelektual, Tata cara pendaftaran HKI, Pengisian formulir serta pesyaratan pendaftaran HKI dan kemasan yang baik.