SEKAPUR SIRIH KEPALA DINAS PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRIAN PROVINSI BALI

Senin, 23 Juli 2018

Om Swastyastu,

Puja pangastuti dan hangayubagya kami haturkan kehadapan Ida Hyang Widi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa atas asung kertha wara nugrahaNya kita dapat membuka akses layanan informasi Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Bali melalui media ini.         

Provinsi Bali tidak seperti provinsi lain di Indonesia yang memiliki sumber daya alam yang potensial seperti pertambangan, minyak, gas bumi, batubara, hutan, perkebunan sawit, sehingga pembangunan di bidang ekonomi, Provinsi Bali bertumpu pada tiga sektor unggulan yaitu : sektor pariwisata, pertanian dalam arti luas, dan sektor industri kecil dan menengah.

 Pertumbuhan perekonomian yang tinggi, dan inklusif harus selalu tumbuh secara berkelanjutan, baik melalui upaya-upaya peningkatan perdagangan dalam negeri yang berkualitas, perluasan akses pasar yang berkelanjutan, pertumbuhan kinerja ekspor, serta tata kelola pemerintahan  sektor perdagangan yang mendukung. Globalisasi merupakan sebuah tantangan baru bagi negara dalam penerapan strategi pemasaran. Globalisasi yang terjadi saat ini telah menggiring munculnya peradaban manusia ke dalam arena interaksi sosial baru dengan fenomena persaingan yang semakin ketat. Teknologi informasi dan komunikasi  telah menciptakan pola kerja, pola produksi dan pola distribusi yang lebih murah dan efisien. Perubahan yang cepat, dalam tatanan hubungan dan perekonomian makin membutuhkan kokohnya ekonomi Bali agar mampu bersaing dalam dunia global.

Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Bali selaku pembina sektor perdagangan mengedepankan peningkatan / perluasan akses pasar dan perdagangan dalam negeri agar ekonomi Bali  tumbuh dan berkualitas, sehingga pada akhirnya akan mampu memandirikan masyarakat.

Semoga melalui media ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dalam upaya untuk meningkatkan kemajuan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Bali.