Disperindag Berencana Gelar Pasar Lelang

Kamis, 16 Agustus 2012

Denpasar (Antara Bali) - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Provinsi Bali akan menggelar pasar lelang yang diselenggarakan pada 24 Agustus 2012 di halaman Kantor Disperindag Provinsi Bali, Jalan Raya Puputan Renon Denpasar.
     
Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Bali, Ni Wayan Kusumawathi di Denpasar, Rabu, menjelaskan bahwa pasar lelang itu bertujuan untuk membantu pemasaran hasil pertanian, memperpendek rantai pemasaran, dan dapat merencanakan pola tanam bagi petani.
     
"Adanya pasar lelang itu juga untuk memastikan adanya kepastian harga, serta mendapatkan informasi harga dan membentuk pemasaran yang adil," katanya.
     
Menurut dia, pasar lelang yang akan dilaksanakan yakni dalam bentuk pasar lelang dengan sistem penyerahan kemudian atau "forward" melalui kontrak kerjasama yang disepakati, dengan dipandu juru lelang dan pelaku usaha yang terlibat dalam pasar lelang.
     
Nantinya sekitar 100 orang penjual dan pembeli dalam pasar lelang "forward" itu akan dipertemukan langsung melalui mekanisme penawaran yang dilakukan secara terbuka.
     
Para penjual dan pembeli yang ikut berasal dari petani, koperasi, pengusaha, dan perseorangan dari kabupaten dan kota di Bali. Mereka akan membawa berbagai komoditi yang akan dipasarkan dalam pasar lelang "forward" itu di antaranya sapi potong, babi, telor ayam, kopi, cengkeh, beras, buah - buahan, dan sayuran.
     
Sedangkan para pembeli berasal dari pengusaha, pabrik, swalayan, hotel, dan pedagang yang tidak hanya dari Bali namun juga antarpulau seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DKI Jakarta.
     
Namun untuk pelaksanaan tahun 2012, pasar transaksi langsung atau "spot" ditiadakan karena masih dalam situasi hari raya yang banyak berlangsung kegiatan pasar murah.(DWA)

 

Sumber : ANTARA News