DINAS PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRIAN PROVINSI BALI BIDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN TERTIB NIAGA KEGIATAN SOSIALISASI PEMBENTUKAN 2 (DUA) KELOMPOK KONSUMEN CERDAS

Rabu, 31 Oktober 2018

DINAS PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRIAN PROVINSI BALI

BIDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN TERTIB NIAGA

KEGIATAN SOSIALISASI PEMBENTUKAN 2 (DUA) KELOMPOK KONSUMEN CERDAS



Konsumen yang cerdas adalah konsumen yang mampu menegakkan hak dan keawajibannya serta mampu melindungi dirinya sendiri dari barang atau jasa yang merugikan, konsumen cerdas hanya membeli dan menggunakan produk-produk yang sesuai dengan ketentuan dan mengutamakan penggunaan produk dalam Negeri. Perlu kita sadari bersama bahwa jika bangsa Indonesia sendiri tidak mencintai dan mengutamakan penggunaan produk dalam negeri, bagaimana kita bisa mengharapkan bangsa lain untuk membeli dan menggunakan produk-produk buatan Indonesia.

Ada beberapa sikap dan kiat untuk menjadi konsumen cerdas diantaranya :

-          Tegakkan hak dan kewajiban sebagai konsumen.

-          Teliti sebelum membeli.

-          Perhatikan label dan manual garansi berbahasa Indonesia.

-          Pastikan produk bertanda SNI.

-          Jangan abaikan masa kadaluarsa produk.

-          Beli sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan.

-          Cintailah produk Indonesia.

Adapun dasar hukum dalam pelaksanaan kegiatan ini diantaranya adalah :

1.      Undang – undang Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen;

2.      Undang – undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah;

3.      Peraturan Presiden Nomor 50 tahun 2017 tentang Startegi Nasional Perlindungan Konsumen;

4.      Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 41 tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan kegiatan Dekonsentrasi Bidang Perdagangan Tahun Anggaran 2018.

Kegiatan Sosialisasi Pembentukan 2 (Dua) Kelompok Konsumen Cerdas ini dibuka langsung oleh Bapak Ir. I Putu Astawa,M.MA selaku Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Bali dan diikuti oleh adik-adik SLTA di Kota Denpasar yang mana diwakilkan oleh SMA Negeri 3 dan SMA Negeri 7 dengan jumlah peserta sebanyak 100 orang peserta. Kita juga mengundang Narasumber-narasumber yg berkompeten di bidangnya yaitu :


1.      Ibu JUNIANTI PAKPAHAN,SE.MM selaku Pejabat dari Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia,

2.      Bapak DRS. I MADE MULIADA, APT selaku Pejabat dari Balai Besar Pengujian Obat dan Makanan Denpasar, dan

3.      Bapak I PUTU ARMAYA,SH selaku perwakilan dari Yayasan Lembaga Perlindungan Konsumen Bali.


Kegiatan yang diselenggarakan selama 1 hari yaitu tanggal 16 Oktober 2018 yang bertempat di Hotel Puri Nusa Indah, Jalan Waribang Nomor 99 Denpasar dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Bali ini diharapkan memberikan efek yang bermanfaat bagi adik-adik kita khususnya dan masyarakat luas umumnya.